Cara mencetak Foto 3x4 cm pada kertas 4R

Cara mencetak foto 3x4 pada kertas 4r bisa kita lakukan dengan menggunakan program Adobe Photoshop CS kita. Berikut ini adalah tentang  mengatur atau menata pas foto berukuran 3x4 yang akan kita cetak pada sebuah kertas ukuran 4r.  Cara menyusun pas foto ukuran ini di atas kertas 4 R dapat kita lakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Buka Program adobe photoshop cs kita. 
  2. Buka photo 3x4 yang akan dicetak, pastikan berukuran 3×4cm. Caranya : klik file > Open > pilih foto yang akan di print > Oke. Akan terbuka foto seperti ini :


    Bila photo belum berukuran 3x4 maka kita ubah terlebih dahulu menjadi ukuran 3x4. Cara yang paling gampang yaitu dengan cara cropping. Caranya Klik saja di => Cara cropping photo. Cara yang lebih lengkap untuk membuat ukuran foto dengan full ilustrasi  klik => di SINI. Pada contoh di atas saya ambil sebuah pas foto anak SD klas 3 dengan ukuran 3x4 cm dengan background warna merah.
  3. Buat kertas ukuran 4r. Kertas berukuran 4r ini  nanti akan kita pakai sebagai tempat atau media untuk menyusun/menata/mengatur pas foto ukuran 3x4 pada langkah 1 di atas. Cara membuat kertas 4r adalah : pilih File > New atau dengan tekan Control + N. Akan terbuka kotak dialog yang di sebut New window.

    Isikan Width dengan 10,2 cm (anak panah warna biru)dan Height dengan 15,2 cm(panah merah). Angka ini merupakan ukuran lebar dan panjang dari kertas 4r. Lihat saja di sisi => Ukuran foto 4r. Lalu isilah resolusinya dengan 300 pixels/ inchi(panah berwarna hijau). Lalu pilih Oke atau tekan Enter pada keyboard kita.



    Pemilihan resolusi 300 biasanya disetting untuk kepentingan print atau cetak foto. Jangan lupa ukuran pas foto 3x4 juga harus mempunyai resolusi 300 pixels/ inchi (ppi). Untuk mengetahui apakah pas foto 3x4 yang kita punya sudah mempunyai resolusi 300 ppi  Maka lakukan denagn Klik Image > Size > lihat angka pada tulisan resolusi. Bila belum menjadi angka 3 ratus maka ganti saja angka tersebut menjadi tigaratus.
  4. Memasukkan foto 3x4 ke kertas 4r. Kini telah ada dua buah kanvas atau file yang terbuka di photoshop. Yaitu pas photo 3x4 dan kertas 4r. Lngkah berikutnya adalah masukkan foto 3x4 ke dalam kertas 4r dengan cara Drag and drop atau klik > seret > lepaskan. Caranya aktifkan Move tool photoshop (V) yaitu klik icon Move tool atau tekan saja huruf V.



    Klik foto 3x4 lalu drag (Klik dan tetap ditahan lalu seret) and drop ( lepaskan) pada kertas 4r di sebelahnya. 
  5. Duplikasi atau Copy photo 3×4 tadi dengan memilih menu Layer > New > Layer via copy atau (tekan Control + J)
  6. Dengan memakai move tool geserlah ke kanan sesuai keinginan.
  7. Ulangi langkah 4 dan 5.
  8. Seleksi seluruh layer dengan memilih menu Select > All layers atau (tekan Control + Alt + A)
  9. Copy sekali lagi seluruh layer dengan memilih menu Layer > New>Layer via copy atau (tekan. Control + J)
  10. Geser ke bawah sesuai keinginan dengan memakai move tool.
  11. Ulangi langkah nomer  8 dan 9.
  12. Jadikan seluruh layer menjadi flatt dengan memilih menu Layer > Flatten image. Langkah ke 6 dan 10 dapat di lakukan dengan mudah klik di sini.





Baca artikel terkait dengan cara cetak foto 3x4 dilengkapi full ilustrasi :

Katalog Produk   |   Link Produk   |   Photoshop
KATAGORI PRODUK
KATAGORI PHOTOSHOP
Taman
Bonsai
Pot
Madu
Anggrek
Bingkai
Lukisan
Minuman
Belajar Photoshop
Cetak foto
Tool Photoshop
Ukuran Photo
Tutorial Photoshop
Ukuran foto
Pas foto
Photoshop Dasar

ADDRES
Depan pasar Imogiri
Jl.Imogiri Timur km 15,8
Yogyakarta
Kunjungi Our Maps

SERVICES
Studio Photo
Cetak Foto
Scan foto dan film
dll

Cetak foto cepat berkualitas

JAM BUKA
Setiap hari
08.00 - 20.00 wib
Recomended : Call us
Atau chat : WhatsApp

READY STOCK
Berbagai macam pigura
Ukuran 4r hingga 16R
Mika dan Fiber
Berbagai pilihan warna