Cara membuat bayangan pada tulisan dengan photoshop

Artikel ini ditujukan khusus untuk para pemula yang baru belajar cara mengedit foto di photoshop. Judulnya adalah Cara membuat bayangan pada tulisan dengan photoshop. Dengan menambah atau memberi bayangan pada tulisan, hasil tulisan bisa saja menjadi lebih indah. Mudah dan gampang saja sebenarnya membikin bayangan tulisan atau teks yang ada di foto atau gambar.

Pengertian bayangan atau shadow bisa bermacam-macam, yang pertama bisa bayangan yang timbul akibat terkena cahaya atau sinar dan yang kedua bayangan akibat pantulan dari sebuah benda, saya sebut saja sebagai bayangan cermin. Pada tulisan ini yang saya bahas adalah yang pertama yaitu tentang membuat bayangan pada tulisan atau teks akibat terkena cahaya. 

Namun sebelumnya  saya anjurkan anda membaca terlebih dahulu postingan saya yang berjudul Cara menambah tulisan pada foto dengan menggunakan atau memakai photoshop. Tahap-tahap dan langkah-langkah membikin bayangan tulisan di photoshop adalah sebagai berikut :

Klik program atau aplikasi Adobe photoshop Cs yang kita punya, Cs2, cs3, Cs4, atau Cs5 atau berapa saja milik kita.
  1. Buka saja foto kita : Klik File > Open > Klik foto yang kita pilih
  2. Klik type tool pada toolbar. Letak Type Tool Photoshop di SINI.
  3. Klik foto
  4. Tulis sebuah tulisan. Langkah 1 sampai 4 untuk lengkapnya Klik di SINI.
  5. Langkah membuat bayangan pada tulisan dengan photoshop.  Caranya adalah seagai berikut :
    • Klik Window > Centang Layer > Klik Add a Layer style > Drop Shadow. Bisa juga dengan klik Layer > Layer Style > Drop Shadow. Akan muncul sebuah jendela window atau kotak dialog bernama Layer Style seperti gambar di bawah ini. Terlihat pada gambar bahwa Style Drop Shadow (anak panah merah) dalam keadaan tersorot dan tercentang, sehingga parameternya siap disetting sesuai keinginan.
    • Pada kotak layer style di atas isilah parameter-parameter yang kita perlukan sesuai dengan kebutuhan. Setiap kita mengisikan parameter Drop shadow, tampilan lansung berubah. Coba saja sambil lihat/lirik hasilnya,bila sudah sesuai dengan kehendak kita maka langsung Klik OK.
Contoh di tulisan ini parameternya adalah sebagai berikut :
  • Blend mode=Normal, Warna=Hitam saya beri anda panah hijau pada gambar , Opacity=100% ini berhubungan dengan tingkat kepekatan atau transparansi warna bayangan. Semakin kecil semakin transparan. Angle 120 derajad merupakan sudut bayangan bila ditarik lurus dengan sumber cahaya, Distance=15px merupakan jarak bayangan dari tulisan, Spread=100% berhubungan dengan penyebaran mudahnya adalah tingkat ketajaman banyangan, Size=10px, Contour=linear, Noise=o%.
  • Hasil dari setting pameter di atas yaitu dalam rangka mengedit atau membuat bayangan pada tulisan dengan photoshop ada pada gambar di bawah ini. Ini merupakan tulisan pakdenanto.com warna putih dengan font Arial blakc, berukuran 50 pt yang ditulis pada sebuah kertas warna biru dengan ukuran 5x20cm dengan resolusi 300 ppi.
  • Dengan settingan Drop Shadow yang sama hasilnya akan sangat berbeda bila diterapkan pada ukuran kertas / ukuran foto dan ukuran tulisan yang berbeda. Untungnya saat kita mengeset parameter Drop Shadow sebagai parameter bayangan tulisan, hasilnya langsung kelihatan sehingga bila kurang sesuai  parameter tersebut segera bisa di set ulang atau di modivikasi. 
  • Disamping untuk membikin bayangan pada tulisan, style-style yang lain juga bisa diterapkan untuk menghiasi sebuah tulisan pada foto atau gambar. Lihat contohnya di Cara membuat garis tepi tulisan dengan photoshop. Tulisan tersebut adalah contoh penggunaan Stroke sebagai Layer style.
  • Disamping Drop shadow, ada juga Inner Shadow, Outer Glow, Inner Glow, Bever and Emboss, Satin, Color Overlay, Gradient Overlay,, Pattern Overlay, dan juga Stroke. 
  • Penggunaan Drop Shadow untuk membuat bayangan pada tulisan atau teks dapat dikombisasi dengan beberapa Layer Style di atas.
  • Coba anda baca contoh penggunaan kombinasi style yang lain di Cara membuat bingkai di Photoshop. Pada tulisan tersebut membahas salah satu contoh penggunaan konbinasi dari layer style yang di terapkan pada foto. Ini juga bisa diterapkan pada tulisan.  Selamat mencoba.


Baca Juga artikel yang terkait berikut ini :

Katalog Produk   |   Link Produk   |   Photoshop
KATAGORI PRODUK
KATAGORI PHOTOSHOP
Taman
Bonsai
Pot
Madu
Anggrek
Bingkai
Lukisan
Minuman
Belajar Photoshop
Cetak foto
Tool Photoshop
Ukuran Photo
Tutorial Photoshop
Ukuran foto
Pas foto
Photoshop Dasar

ADDRES
Depan pasar Imogiri
Jl.Imogiri Timur km 15,8
Yogyakarta
Kunjungi Our Maps

SERVICES
Studio Photo
Cetak Foto
Scan foto dan film
dll

Cetak foto cepat berkualitas

JAM BUKA
Setiap hari
08.00 - 20.00 wib
Recomended : Call us
Atau chat : WhatsApp

READY STOCK
Berbagai macam pigura
Ukuran 4r hingga 16R
Mika dan Fiber
Berbagai pilihan warna